Senin, 22 Maret 2010

Ratusan Tanamam Keras Ditanam di Pantai Kuta

Sebanyak 500 tanamam keras seperti pohon cempaka, mangga dan lainnya ditanam di sepanjang Pantai Canggu, Kuta, Badung, sebagai upaya pelestarian lingkungan dan menjaga keindahan pantai.

Saat ini, kondisi di Pantai yang menjadi idola para wisatawan domestik dan asing sangat memprihatinkan ditandai dengan banyaknya sampah plastik.

"Kami harapkan peran serta masyarakat luas untuk menjadikan Bali yang bersih dan hijau," kata Gubernur Made Mangku Pastika saat aksi penanaman pohon di Pantai Kuta, Jumat (19/03/2010).

Pastika mengatakan, sebagai upaya mewujudkan Bali bersih, hijau serta mempertahankan keindahan pantai sebagai objek pariwisata, maka lewat Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali terus menggelar gerakan perempuan peduli lingkungan.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta dan para pejabat di lingkungan Provinsi Bali, Kabupaten Badung, serta para tokoh masyarakat di Desa Adat Canggu, Kuta.

Kegiatan pelestarian lingkungan ini kata Pastika juga dapat mewujudkan kebersihan dan keindahan, juga sebagai langkah menuju Bali yang bersih dan hijau atau "Bali Go Clean and Green" yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu.

Dikatakan, Bali belakangan ini beberapa kali menjadi tempat pertemuan internasional dalam bidang sosial penyelamatan lingkungan hidup. "Untuk itu kita harus dapat mewujudkan Bali dan hijau dan bersih," ucapnya menegaskan.

Ia mengharapkan dengan gerakan menanam pohon tersebut bisa membersihkan lingkungan, termasuk kawasan pantai dari polusi sampah, terutama sampah plastik. "Lewat gerakan ini kita senantiasa turut serta dalam upaya penyelamatan bumi dari pemanasan global yang terjadi saat ini," ucapnya.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bali Luh Putu Haryani menyatakan kegiatan dimaksudkan guna menumbuhkan budaya cinta lingkungan. Dengan cinta lingkungan, maka senantiasa akan tercipta kesinambungan kelestarian dan kebersihan, khususnya di kawasan pesisir yang kerap menjadi sasaran pembuangan sampah.

Tidak ada komentar: